Semakin banyak yang kita pelajari, semakin kita sadar betapa sedikit yang kita ketahui.

Cara Menghapus Folder Autorun.inf

time Mamas0 Komentar
Sudah cukup lama saya sering menjumpai dan dibuat penasaran dengan munculnya folder autorun.inf didalam flashdisk teman-teman. Folder tersebut memiliki atribut system dan dalam posisi hidden. Folder autorun.inf ini tidak dapat dihapus dengan cara biasa. Terlebih lagi, folder ini dikenali sebagai virus oleh antivirus Avira. Bagi para pengguna komputer biasa (orang awam) tentu hal ini bukanlah suatu masalah yang besar, namun bagi saya tentu hal ini cukup sangat mengganggu.
Mengapa folder ini sulit untuk dihapus ya.!? Setelah semakin sering saya menemui kasus seperti ini, rasa penasaran saya semakin besar. Folder autorun.inf terbentuk bila kita menggunakan antivirus lokal SMADAV yang tanpa melakukan aktivitas apapun seperti copy dan paste file, dengan 1 klick jadilah folder autorun.inf dan sudah bukan rahasia umum lagi bahwa folder autorun.inf yang cukup menjengkelkan ini berasal dari antivirus SMADAV.

Setelah saya googling sebentar dan melakukan percobaan dengan menggunakan Command Prompt karena dengan metode biasa atau melalui Windows Explorer tidak mampu untuk menghapus folder autorun.inf ini. Sebenarnya terdapat folder \con folder \aux dan folder \null. didalam folder autorun.inf tersebut. tanpa panjang lebar lagi berikut 5 tahap yang harus dilakukan :
  • Buka Command Prompt
  • Ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\con\aux\null. tekan ENTER
  • Ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\con\aux\ tekan ENTER
  • Lalu ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\con\ tekan ENTER
  • Dan yang terakhir ketik rmdir /s /q [drive]:\autorun.inf\ tekan ENTER
[drive] adalah lokasi flashdisk berada. Cara tersebut diatas bisa kita aplikasikan kedalam Notepad dengan mengetikkan beberapa perintah yang berwarna merah didalamnya dan save As dengan ekstensi *.bat [contoh: removeautorun.bat] lalu jalankan file tersebut.
Semoga bermanfaat...

Sebenarnya saya sedikit kecewa dengan antivirus SMADAV karena memasukkan folder autorun.inf tersebut ke dalam flashdisk. Memang sih sebenarnya folder tersebut berguna untuk melindungi flashdisk dari serangan virus yang menginfeksi dengan cara memasukkan file autorun.inf, namun jika ternyata user mengalami kesulitan saat menghapus folder tersebut, sebaiknya SMADAV memberi pilihan lain kepada user tanpa harus membentuk folder lain lagi ketika pelindung otomatis berjalan atau user meng-klick YA.!?
0 Komentar tentang Cara Menghapus Folder Autorun.infTebar Komentar
Posting KomentarForm Komentar
arahkan pointer dan masukan kode gambar dalam komentar

Mamas Mamas Mamas