Semakin banyak yang kita pelajari, semakin kita sadar betapa sedikit yang kita ketahui.

Search Engine Tidak Berfungsi

time Mamas1 Komentar
Saat kita mengganti template yang kita miliki dengan template gratisan terkadang banyak terdapat kekurangan namanya juga gratisan, salah satunya kotak search/pencarian yang tidak berfungsi ketika kita memasukkan kata kunci ke kotak search dan kita klik tombol cari/find dan hasilnya menampilkan tulisan “Tidak ada posting yang sesuai dengan query Anda.” padahal kita memasukkan keyword yang jelas-jelas terdapat pada Blog tersebut, Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa tips dan langkah-langkah bisa kita jadika solusi, tapi ini tidak mutlak.

Apa anda tau dengan Tags Meta/Meta Tags "Pastilah pasti tau", tapi bagi yang belum tau, saya mau berbagi sedikit informasi nih. Meta Tags adalah sejenis Informasi yang dimasukan kedalam Blog yang tidak terlihat atau tampil di dalam browser, ini digunakan untuk menghubungkan blog kita dengan Search Engine/mesin pencari atau mengoptimalkan hasil pencarian pengunjung blog dan sebagai informasi isi dari blog kita kepada search engine. Informasi Meta Tag ini difungsikan kedalam mesin pencari / search engine.

Gimana udah ngertikan ama yang namanya Meta Tags, jika sudah kita langsung aja lihat susunan dari Meta Tags

1. Meta Description
<meta content=’Teknoringan, Trik Komputer, Tips dan Triks, Folder autorun, Cara Pasang Ms.Office 2007‘ name=’description’/>
Deskripsi blog ini berfungsi untuk menginformasi isi atau keterangan singkat dari blog kita agar dapat muncul di search engine. Cara memasangnya sangat mudah hanya memasukkan kata-kata sesuai isi blog kamu dan jika lebih dari satu gunakan tanda koma sebagai pembatas kata.
misalnya : Teknoringan, Trik Komputer, Tips dan Triks, Folder autorun dan Cara Pasang Ms.Office 2007

2. Meta Keyword
<meta content=’Blogspot, Blogger, Tema gratis, Komputer, Mobile‘ name=’keywords’/>
Keyword Ini sebagai kata kunci yang penghubung blog kita yang kan di data oleh search engine nantinya. isilah dengan kata-kata penting yang sangat berhubungan dengan blog.
misalnya: Blogspot, Blogger, Tema gratis, Komputer, Mobile

3. Meta Tags Robots
<meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’/>
Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa di index oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine.

4. Meta Author
<meta content=’Mamas Sumarno‘ name=’author’/>
Meta tags ini tidak terlalu penting hanya untuk mengetahui siapa author atau pembuat dari blog. tapi siapa yang tidak ingin terkenal.!? maka jika anda ingin terkenal silahkan isi saja.

Nah saatnya kita terapin informasi diatas kedalam blog kita, cara pasangnya sebagai berikut :
1. Masuk ke Blogger dengan ID anda
2. Klik Layout—>Add Element Widget—>Edit HTML
3. Lalu cari Code <title><data:blog.pageTitle/></title> dan pasang kode tersebut dibawahnya
4. Contoh
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content=’Teknoringan, Trik Komputer, Tips dan Triks, Folder autorun, Cara Pasang Ms.Office 2007‘ name=’description’/>
<meta content=’Blogspot, Blogger, Tema gratis, Komputer, Mobile‘ name=’keywords’/>
<meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’/>
<meta content=’Mamas Sumarno’ name=’author’/>

Cukup mudah bukan.!!? Sampai sini dulu semoga bermanfaat.

Note: perlu diketahui cara diatas tidak menjamin bahwa blog anda akan mudah diindex oleh search engine, tetapi cara ini sangat membantu loh...
1 Komentar tentang Search Engine Tidak BerfungsiTebar Komentar
Posting KomentarForm Komentar
arahkan pointer dan masukan kode gambar dalam komentar

Mamas Mamas Mamas